Translate

Kenapa perusahaan menerbitkan saham

Apa tujuan perusahaan dalam menerbitkan saham. Tolong jelaskan secara rinci ya. Barangkali disini ada yang tahu. Terimakasih ya.

Tujuan dari perusahaan menerbitkan saham adalah agar memperoleh suntikan dana dari investor. Oleh karena itu, perusahaan rutin menjual beberapa lembar saham di Bursa Efek Indonesia. Banyak juga perusahaan yang mulai listing di BEI agar mendapatkan suntikan dana dari investor berupa saham.

Perusahaan yang mngusahakan untuk masuk dalam kategori IPO dan listing di bursa saham bertujuan untuk memperoleh investor yang akan memberikan dana modal usaha kepada perusahaan yang bersangkutan. Setap saham perusahaan yang dibeli oleh investor adalah dana yang bisa digunakan untuk operasional dan pengembangan usaha.

Faktor lainnya adalah demand dari masyarakat. Jika perusahaan yang bersifat privat memberikan manfaat bagi ekonomi negara, masyarakat akan berbondong-bondong ingin untuk menginvestasikan dana mereka pada perusahaan tersebut (dengan menimbang bahwa jika mereka menginvestasikan dana mereka, mereka akan mendapatkan keuntungan dari perkembangan bisnis perusahaan). Ketika demand tersebut tinggi, maka perusahaan bisa saja mempertimbangkan untuk IPO (Initial Public Offering).

Karena perusahaan membutuhkan modal kerja untuk dapat membiayai operasional perusahaan dan dengan listing di bursa perusahaan akan membiarkan publik memiliki saham atas perusahaan. Dengan kepemilikan saham oleh publik atau investor, dana segar dari pihak eksternal yang dapat digunakan untuk modal kerja akan diperoleh perusahaan.

Penerbitan saham oleh perusahaan merupakan cara utama untuk meningkatkan modal bisnis bagi perusahaan disamping penerbitan obligasi. Dengan perusahaan memilih menerbitkan saham ini akan memungkinkan roda bisnis berjalan kembali bagi perusahaan-perusahaan yang memerlukan dana segar atau pendanaan dalam jangka panjang.

Perusahaan menerbitkan Saham untuk umum merupakan salah satu pilihan ketika perusahaan membutuhkan suntikan dana untuk keperluan ekspansi bisnisnya, membeli mesin/ peralatann dan membayar hutang dan lain-lain. Di sisi lain Saham adalah "instrumen" investasi yang banyak dipilih oleh investor dalam menanamkan dananya pada sebuah perusahaan, karena saham mampu memberikan keuntungan yang menarik, disamp[ing saham bisa diperjual-belikan.

Saham adalah sebuah bukti kepemilikian nilai sebuah perusahaan. Dengan menerbitkan Saham atau menjual Saham, maka sebuah perusahaan akan memiliki suntikan dana dari para investor yang membeli Saham mereka. Selain itu dengan menerbitkan Saham, akan menjadi nilai lebih dari perusahaan yang bersangkutan jika banyak pembeli yang melirik saham mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Prediksi dan Kesempurnaan - Dua Musuh dari Trading yang Sukses

Sebagian besar calon pedagang sering menjadi mangsa dua keyakinan irasional - Prediksi dan Kesempurnaan . Gagasan yang salah bahwa untuk men...